KORANMANDALA.COM – Calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka baru-baru ini berpartisipasi dalam acara ‘Diskusi Ekonomi Kreatif’ di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. 

Dalam momen menarik, tercatat ketika Gibran keliru menyebut “asam folat” sebagai “asam sulfat”.

Pada awalnya, dalam diskusi terbuka bersama pelaku usaha ekonomi kreatif dan para pengaruh, Gibran menyampaikan kampanye mengenai programnya, yaitu Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk ibu dan anak.

“Ketika hamil harus dicek dia misalnya asam sulfat, yodiumnya terpenuhi enggak, ketika anaknya lahir sampai 2 tahun ASI-nya terpenuhi gak, berat badannya tinggi badannya oke gak,” kata Gibran di video TikTok @idrisbue yang diunggah pada Senin, 4 Desember 2023. 

Baca Juga : 12 Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari Agar Tidak Keguguran, Kata dr Saddam Ismail

Pernyataan Gibran tersebut menuai komentar kritik tajam. Sebab, perlu diketahui, asam folat dan asam sulfat adalah zat yang jauh berbeda.

“Duh… Sekali diskusi memberikan info yg menyesatkan. Awokwokwok. Ibu Hamil itu yg dibutuhkan adalah Asam Folat (Fungsinya utk membantu pembentukan sel-sel & sistem organ pada janin seperti otak dan sumsum tulang belakang janin). Ya kalau Asam Sulfat ya ibu dan bayinya Mod,” tulis salah satu retweet di X @BangPino_ yang dikutip Koran Mandala pada Senin, 4 Desember 2023. 

Baca Juga : 6 Cara Mengatasi Stres Saat Program Hamil

Lantas apa perbedaan Asam Folat dan Asam Sulfat?

Asam folat, yang juga dikenal sebagai folic acid atau vitamin B9 yang larut dalam air, memiliki peran penting terutama untuk ibu hamil. 

Vitamin ini essensial dalam berbagai fungsi tubuh, terutama dalam produksi dan pemeliharaan sel.

Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena mendukung pembentukan sistem organ pada janin, memungkinkannya berkembang dengan baik di dalam kandungan. Selain itu, anak-anak dan orang dewasa juga memerlukan asam folat untuk produksi sel darah merah dan mencegah anemia.

Konsumsi asam folat dapat dipenuhi melalui makanan seperti sayuran hijau (bayam, kacang polong, brokoli, selada) atau buah-buahan (pisang, alpukat, melon). Protein dari daging ayam, ikan, telur, dan hati sapi juga mengandung asam folat. Selain itu, suplemen asam folat juga tersedia.

Baca Juga : 11 Ciri-Ciri Kehamilan yang Jarang Disadari, Salah Satunya Rambut Rontok

Di sisi lain, asam sulfat adalah asam mineral anorganik yang kuat, dikenal dengan rumus kimia H2SO4. 

1 2
Sumber:

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version