KORANMANDALA.COM – Kerja sama bidang informasi dan bidang-bidang lainnya kini sedang dirancang Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan Komisi Informasi Pusat (KIP) RI. Kedua lembaga ini telah menjalin kerja sama di bidang tersebut.

Perencanaan kerjasama tersebut disampaikan oleh Donny Yoesgiantoro, Ketua KIP RI, yang ditemani oleh Zufra Irwan, Ketua KIP Riau, dan Linda Desafitri. Mereka diterima oleh Hendry Ch Bangun, Ketua Umum PWI Pusat, yang didampingi oleh Sayid Iskandarsyah, Sekjen PWI Pusat, dan Firdaus Komar, Direktur LUKW PWI Pusat, di kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers Lantai IV Jakarta Pusat, pada Rabu, 7 Desember 2024.

Donny menjelaskan bahwa KIP bertugas melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) serta peraturan yang terkait, menetapkan standar layanan Informasi Publik, dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi atau non-litigasi.

Salah satu tujuan utama KIP adalah memastikan hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik.

Donny menekankan pentingnya kerjasama dengan PWI Pusat dalam konteks tugas jurnalistik yang memerlukan akses informasi. Hendry Ch Bangun, Ketum PWI Pusat, juga menggarisbawahi peran KIP sebagai penjaga keterbukaan informasi, berharap kerjasama ini akan meningkatkan pemahaman tentang konsep informasi publik di kalangan wartawan.

Dia juga menyoroti pentingnya transparansi lembaga publik dalam memberikan akses informasi kepada wartawan, mempertegas peran pers sebagai kontrol sosial terhadap pemerintah.

Hendry menekankan bahwa pers memegang peran krusial dalam mendukung kehidupan demokratis, sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Tanpa pers, kontrol terhadap pemerintah akan terbatas, dan risiko kesewenang-wenangan pemerintah akan meningkat.

Dia juga menyoroti potensi kolaborasi antara pers, KIP, dan pemerintah dalam mengawasi pelaksanaan pemerintahan demi kepentingan rakyat.

Terwujudnya fungsi pers memerlukan keprofesionalan wartawan dalam menyajikan informasi yang akurat dan sesuai dengan prinsip-prinsip jurnalistik. Oleh karena itu, pendukung bagi wartawan dalam menjalankan tugasnya sangatlah penting.- *** ehr

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version