KORANMANDALA.COM – Setelah Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kembali mengadakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) gratis di 38 Provinsi di seluruh Indonesia dan di PWI Surakarta.

Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, bersama Sekjen PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah, menyampaikan bahwa UKW gratis ini telah dijadwalkan di setiap Provinsi sesuai permintaan dari pengurus PWI Provinsi masing-masing.

Beberapa PWI daerah yang siap menyelenggarakan UKW gratis termasuk Provinsi Papua Tengah yang akan menggelar UKW di Nabire pada 18-19 April 2024, diikuti oleh Provinsi Riau pada 23-24 April 2024, Sumsel pada 26-27 April 2024, dan Kepri pada 3-4 Mei 2024.

Ketua PWI Provinsi memberikan tanggapan positif terhadap program ini, mengapresiasi sponsor dan PWI pusat atas pemahaman terhadap kebutuhan untuk meningkatkan kualitas wartawan.

Hendry Ch Bangun menjelaskan bahwa minimal 10 Provinsi akan melaksanakan UKW selama periode April – Mei 2024 ini, dengan beberapa Provinsi sudah mengunggah data peserta UKW.

Program UKW gratis bersama BUMN yang sebelumnya telah dilaksanakan di 10 Provinsi juga akan dilanjutkan secara bersamaan dengan UKW PWI gratis ini.

Direktur UKW, Firdaus Komar, menyatakan terima kasih kepada Kementerian BUMN atas dukungannya.

Dia juga mengkonfirmasi bahwa kompetisi jurnalistik akan tetap berlangsung, dengan total hadiah Rp50 juta. Peserta UKW PWI gratis berkesempatan mengikuti kompetisi ini dengan menulis artikel terkait peran BUMN dalam kemajuan pers melalui UKW, atau tentang peran strategis UKW dalam meningkatkan kualitas pers Indonesia.

Artikel yang dilombakan harus memiliki minimal 1.500 karakter dan dikirimkan setelah tiga hari pelaksanaan UKW di masing-masing daerah.

PWI Provinsi yang menyelenggarakan UKW gratis diharapkan untuk menyiapkan administrasi peserta sesuai ketentuan Lembaga Uji Kompetensi Wartawan PWI, dan melakukan koordinasi dengan LUKW PWI terkait detail teknis pelaksanaan.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version