Oleh : Dr. KRMT Roy Suryo (Pemerhati Telematika, Multimedia, AI & OCB Independen)

SELAMA ini sudah banyak saya sengaja tidak berkomentar dan-atau menolak menjadi Narasumber dari Kasus Vina yang  terjadi 8 tahun silam (2016) tersebut. Bagaimana tidak? Kasus yang  sebelumnya melibatkan “orang-orang yang  bukan siapa-siapa” ini tampak sekali Blow-up pemberitaannya. Sudah hampir sebulan ini, tiap malam semua media mainstream memberitakan sampai membuatkan dialog-dialog siaran langsung terus menerus kasus ini. Mulai dari munculnya orang-orang yang  bermaksud membela satu pihak versus pihak lainnya, komentator lokal yang  bersuara hanya berdasarkan cerita sampai bisa-bisanya kesurupan dijadikan fakta.

Lebay, kalau kata masyarakat sekarang ini, sebab sampai ada TV yang  menayangkan Topik yang  sama selama 2-3 minggu berturut-turut untuk acara Dialog Live-nya, sampai-sampai dalam edisi minggu lalu tampak seperti mengada-ada, baik Topik yang  dibahas maupun Narasumbernya. Belum lagi kelau melihat isi pemberitaannya, tampak tidak ada topik lain yang  sebenarnya jauh lebih layak dibahas selain topik ini. Dalam diskusi live tersebut  sampai2 diskusi hanya berisi Debat kusir antar Narasumbernya yang  sangat konyol dan tidak mencerdaskan bahkan bisa disebut membodohi masyarakat.

Padahal sebenarnya sebagaimana yang  seharusnya diberitakan, justru sangat banyak topik berita yang  jauh lebih penting dibahas dan didiskusikan selain melulu hanya topik ini, mulai dari Kasus Korupsi Timah 271 Trilyun yang  sampai terjadi “saling intip” 2 Institusi penegak hukum, kasus TAPERA yang  sangat memberatkan masyarakat karena sangat tidak masuk akal dan dikhawatirkan hanya akan menjadi Ajang Korupsi baru, sampai kasus lain seperti Putusan MA soal batas usia Calon Kepala Daerah yang  sangat tampak ada pesanan oknum tertentu.

Kasus-kasus yang  sejatinya lebih penting di atas sebenarnya jauh lebih krusial untukmendapatkan porsi pemberitaan yang  lebih besar dibandingkan dengan hanya mengulang-ulang statemen dari pihak-pihak di kasus tahun 2016 tersebut . Dampak yang  akan dirasakan masyarakat jauh lebih besar akibatnya kalau kasus Korupsi Timah, Pemotongan TAPERA sampai ke Calon Kepala/Wakil Kepala Daerah belum cukup umur lagi yang  diloloskan dari Peraturan yang  seenaknya diubah tersebut. Jadi di sinilah tampak kalau pemberitaan berlebihan kasus Vina ini malah ditengarai memang digunakan untukmenutup-nutupii kasus-kasus besar tersebut.

Setelah selama ini topik yang  dibahas tampak “jauh panggang dari fakta” misalnya hanya berdasar Ilusi Film yang  sengaja dibuat berjudul “Vina sebelum 7 hari”, kejadian Halusinasi “Kesurupan” yang  tidak bisa dijadikan fakta hukum, sampai ke munculnya nama-nama baru yang  berani mengaku sebagai “Saksi-saksi Fakta” kasus yang  terjadi tgl 27/08/2016 silam tersebut. Kini mulai muncul bukti baru berupa Screenshot/Tangkapan Layar CCTV (Close Circuit TeleVision) yang  disebut-sebut berasal dari kasus tersebut . Screenshot yang  masih berupa Kolase ini memang belum bisa diuji kebenarannya, apalagi disebut-sebut hanya berasal dari pihak ketiga yang  memposting di Akun  TikTok dan IG.

CCTV yang  belum bisa diuji kebenarannya ini memang penting untuk ditandaskan sebelumnya, karena seharusnya CCTV yang  bisa digunakan sebagai Alat Bukti -sesuai Pasal 5 dan 6 UU ITE- adalah bukan hanya berupa ScreenShot saja tetapi Rekaman Video Utuh yang  bisa diputar untuk dianalisis kualitas Video dan Metadata asli CCTV tersebut. Secara teknis, Rekaman CCTV dalam DVR / Digital Video Recorder biasanya memang bertahan 1-2 bulan (kalau Harddisknya berkapasitas 500GB sd 1TB saat itu). Kalau sekarang mungkin saja Harddisk DVR di CCTV bisa sampai berkapasitas 2TB – 4TB, tetapi itu juga tidak akan bisa menyimpan sampai 8 tahun (2016 sampai 2024).

Secara teknis kalau melihat Screenshot- Screenshot CCTV yang  sekarang ditampilkan, jelas ada Rekaman Videonya yang  utuh dan ada kesengajaan untuk”disimpan” mulai dari peristiwa tersebut sampai sekarang, karena adegan yang  ditampilkan cukup signifikan, mulai dari Genk Motor yang  berkerumun, Ada yang  membawa Balok Kayu ukuran besar, sampai kepada terekamnnya sosok wanita lain (selain Vina) dalam CCTV tersebut. Secara teknis juga kualitas dari Rekaman CCTV ini cukup jelas dan layak untuk dianalisis, karena teknologi th 2016 meski belum berkualitas HD / 4K seperti kamera sekarang, tidak Low-Res sehingga bisa ditelaah secara ilmiah.

Apalagi disebut-sebut Jumlah CCTV yang  ada di TKP sebenarnya bukan hanya 1 (satu) tetapi sampai berjumlah 7 (tujuh) Kamera CCTV, mulai dari Perempatan, Perumahan Mewah, Minimarket seperti Indomart & Alfamart sampai ke Jembatan / Fly-over Talun. Kalau melihat Kualitas Screenshot CCTV ini kondisinya jauh lebih bagus dari CCTV di salah satu Pondok Pesantren di Cikarang yang  sempat saya dihadirkan selaku Ahli oleh LBH Jakarta di Sidang PN Cikarang th 2022 lalu & Alhamdulillah bisa menjadi Bukti Utama dalam Persidangannya dan membebaskan Pihak yang tidak bersalah.

Sebagaimana kasus Kopi Sianida Jessica di Kafe Olivier yang  juga kembali menjadi heboh gara-gara ada Tayangan di NetFlix sebelumnya, CCTV di kasus itu diragukan di Sidang karena Penangangan CCTV-nya tidak sesuai ProTap Alat Bukti karena hanya diambil dari USB Flashdisk dan bukan dari DVR Aslinya. Apalagi kalau memang benar sebenarnya Rekaman CCTV kasus Vina ini sudah “disimpan” selama 8 tahun dan tidak ditampilkan di Sidang bulan Februari 2017 silam gara2 “tidak ada Ahli” (?), sungguh sangat absurd mengingat sejak 2004 saja saya sudah sering dihadirkan untuk kasus seperti ini.

Kesimpulannya, munculnya Screenshot- Screenshot CCTV yang  baru ditampilkan sekarang ini semakin menambah kecurigaan saya terhadap kasus ini, jelas ada tampak kesengajaan untuk”membuat panjang” pengungkapan kasusnya dan sekali lagi dimungkinkan untuk menutupi kasus-kasus besar lainnya di atas (Korupsi Timah, TAPERA, Putusan MA bahkan kasus lama soal Kilometer 50). Siapa (Oknum) “sutradara” di balik semua Pemberitaan yang  -disengaja- dibuat panjang ini? Kasihan masyarakat, harus terbebani lagi dengan perbincangan yang  sebenarnya tidak perlu gara-gara negara yang  makin tidak baik-baik saja ini. – ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version