Ilustrasi kantor PT Astra Daihatsu Motor. Dalam acara Auto Clinic, Daihatsu membagian 4 tahapan dalam pengembangan produk mobilnya.

KORANMANDALA.COM – Berkendara dengan kendaraan roda empat alias mobil mungkin sudah menjadi hal yang biasa.

Namun pernah enggak, sih, kamu dibuat penasaran, kira-kira dari mana datangnya mobil-mobil keren yang banyak kita jumpai di jalanan.

Belum lama ini, dalam acara edukasi bertajuk Auto Clinic untuk komunitas Sahabat Klub, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membagikan rahasia bagaimana mereka membuat produknya, hingga akhirnya menjadi sebuah mobil yang bisa laris di pasaran.

“Melalui sharing edukasi ini, kami berharap para peserta mendapat insight gambaran besar proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan,” ujar Mark Widjaja, Industrial Design Division Head PT Astra Daihatsu Motor, dalam keterangannya pada Senin, 10 Juli 2023.

Baca juga: Ditenagai Daya Baterai 7200 Watt dan Bisa Tempuh Jarak 200 km, Intip Spesifikasi Motor Listrik Selis E Citi

Daihatsu berkomitmen untuk terus berusaha mengembangkan mobil dengan nilai terbaik. Tak lupa, produk yang dihasilkan mesti cocok untuk pasar Indonesia, sesuai dengan strategi utama Daihatsu, yaitu Dari Indonesia Untuk Indonesia.

Secara garis besar, tim Research and Development (R&D) Center ADM menyebut ada, empat tahapan pengembangan mobil di Daihatsu, di antaranya:

1. Planning

Melakukan perencanaan, dimulai dari proses Survey & Interview.

Baca juga: Bodi Ganteng Gini Punya Daya Jelajah 190 km, Intip Spek Canggih Motor Listrik Zeeho AE8 yang akan Rilis 2023

Tujuannya untuk mendengar suara konsumen, selanjutnya melakukan survey pasar untuk mengetahui beragam kondisi di Indonesia, serta dapat menentukan spesifikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan pasar.

2. Design

Mencari konsep ide dan proses kreatif yang selanjutnya dituangkan dalam sketsa sebuah mobil.

Dilanjutkan dengan proses clay modelling untuk mengubah bentuk 2 dimensi menjadi 3 dimensi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik 2023 dengan Harga Premium dan Desain Canggih, Alva Cervo Nomor Berapa?

3. Engineering

Masuk ke fase engineering, desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan menjadi gambar tehnik, dilanjutkan dengan proses pembuatan prototype atau rupa awal (purwarupa)

4. Testing

Pada fase terakhir produk purwarupa mulai diuji performa, keamanan, keandalan, dan kinerjanya sebelum dipasarkan, untuk memastikan bahwa kendaraan yang dibuat sudah memenuhi standar kualitas global, serta sesuai dengan kebutuhan pasar.(*)

Sumber:

Editor: Tim Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version