KORANMANDALA.COM – Seperti yang sudah diketahui, aki memiliki peran sangat penting pada kendaraan motor, yakni berperan sebagai penghasil arus listrik.

Dengan perannya sebagai penghasil arus listrik, aki juga dapat mengaktifkan komponen elektrikal motor seperti starter motor, lampu lampu, klakson, speedometer, dan fitur elektrikal lainnya.

Para pengendara sangat penting untuk memperhatikan perawatan aki motor agar usia pakainya dapat lebih panjang.

Ada beberapa panduan untuk merawat aki agar masa pakainya bisa tahan lama.

Baca juga: PDIP Jawa Barat Pede Ganjar-Mahfud Menang Pilpres 2024 Satu Putaran

Dilansir Koran Mandala dari Wahana Honda, berikut beberapa panduan yang memiliki tujuan untuk dapat merawat aki agar masa pakainya tetap awet:

1. Selalu pakai aki bawaan

Jika kondisi aki perlu diganti, maka usahakan menggantinya dengan aki bawaan motor atau sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan oleh motor.

Baca juga: Viral, Menangkan Kompetisi di Eropa, Karya Fotografer Asal Indonesia Ini Malah Dituduh Hasil AI

2. Cek Voltase

Aki yang digunakan untuk kendaraan motor terdapat dua jenis yakni ai kering dan aki basah, tapi kebanyakan ditemui pada motor matic yakni aki kering.

Jika motor menggunakan aki basah, sangat dianjurkan untuk selalu mengecek jumlah air aki. Jika ingin mendapatkan kinerja yang sempurna, maka air harus mencapai garis maksimal.

Baca juga: Meski Dipenjara, Vadel Badjideh Kirim Surat Untuk Lolly: Kalau Kamu Malu Putusin Aku Aja

Baik itu aki tipe kering atau basah sangat diperlukan pemeriksaan voltase, jika di bawah 12,4 V maka aki tersebut perlu diisi ulang.

4. Kunci kontak dalam kondisi off

Saat kendaraan motor tidak digunakan, pastikan kunci kontak motor dalam kondisi off. Hal ini karena, jika kontak pada posisi on, maka daya aki akan terambil.

5. Panaskan setiap hari

Agar masa pakai aki bisa bertahan lama disarankan untuk memanaskan motor selama 10 hingga 15 menit setiap harinya, meskipun tidak digunakan untuk kemana-mana.

6. Minimalisir modifikasi aksesoris elektrikal

Belakangan ini banyak dijumpai pengendara yang memodifikasi kendaraan motornya dengan menggunakan aksesoris elektrikal motor.

Hal tersebut tentu jika dilakukan akan sangat membebani kinerja aki.(roy/ekp)

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version