KORANMANDALA.COM – Perusahaan otomotif terkemuka asal China, BYD (Build Your Dreams), telah mengonfirmasi rencananya untuk memasuki pasar Indonesia mulai tahun depan.

Eagle Zhou, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia, menyatakan bahwa kehadiran BYD di Indonesia akan diumumkan secara resmi pada semester pertama tahun mendatang.

Zhou menyampaikan bahwa Indonesia memiliki peran penting dalam strategi BYD, terutama dalam sektor kendaraan listrik.

BYD sebenarnya telah memulai kegiatan bisnisnya di Indonesia sejak lima tahun yang lalu, fokus pada operasional bus listrik, taksi listrik, dan forklift.

BACA JUGA: Mobil Listrik Tesla Model 3 dan Y Menjadi ‘Raja’ di Inggris

Meskipun belum diungkap secara rinci, Zhou belum memberikan detail mengenai model kendaraan yang akan diluncurkan di Indonesia.

Namun, kemungkinan besar akan mencakup model yang telah berhasil diluncurkan di Thailand dan Malaysia, seperti BYD Dolphin, Atto 3, dan Seal, yang semuanya merupakan mobil listrik baterai.

BYD, saat ini, merupakan produsen mobil dengan penjualan tertinggi di Cina.

Data dari Asosiasi Mobil Penumpang Cina (CPCA) pada kuartal I hingga kuartal III 2023 menunjukkan bahwa BYD berhasil menjual sebanyak 1.792.802 unit kendaraan, mencatatkan kenaikan sebesar 54,9 persen (YoY) dengan pangsa pasar sebesar 11,76 persen.

Dengan ambisi menjadi produsen otomotif terlaris di dunia, BYD berupaya mengungguli nama-nama besar seperti Toyota dan Volkswagen.

Pada bulan November lalu, BYD  pencapaian produksi sebanyak 6 juta unit mobil listrik, termasuk mobil listrik baterai, plug-in hybrid, dan hybrid.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version