KORANAMANDALA.COM– Yamaha R7 dikenal sebagai motor sport bermesin paralel twin yang memiliki konsep menarik. Motor ini merupakan versi supersport dari YZF-R6, namun memiliki mesin paralel twin dua silinder.

Konsep sportbike dengan mesin paralel twin sedang populer di Amerika dan Eropa karena tampilannya yang sporty dan siap digunakan di sirkuit, sambil tetap memiliki karakter mesin yang responsif untuk penggunaan sehari-hari.

Sejak diluncurkan pada tahun 2021, Yamaha R7 menjadi favorit bagi para pengendara pemula yang ingin memiliki moge.

Mesin yang digunakan adalah CP2 689 cc paralel twin DOHC 4-klep pendingin cairan, diambil dari Yamaha MT-07. Mesin ini memberikan tenaga sebesar 72,3 dk/8.750 rpm dan torsi 66,68 Nm/6.500 rpm.

Keunikan mesin ini terletak pada penggunaan crankshaft crossplane 270 derajat, yang tidak hanya membuat mesin responsif tetapi juga menghasilkan suara khas mirip V-Twin.

Transmisi manual 6-percepatan dengan penambahan Assist & Slipper clutch membuat kopling lebih ringan.

Mesin ini diproduksi di pabrik Yamaha di Karawang dan diekspor ke Jepang. CP2 juga digunakan pada model lain seperti Yamaha XSR700 dan Tracer 700.

Pada tahun 2024, Yamaha R7 mendapatkan update berupa penggunaan warna baru bernama Matte Gray, dengan tampilan unik berdasarkan konsep warna Cyber City.

Meskipun tidak ada perubahan pada kaki-kaki, suspensi depan menggunakan KYB USD 41 mm, dan rem belakang tetap menggunakan cakram radial ganda.

Di Amerika, Yamaha YZF-R7 dijual seharga 9.199 Dollar atau sekitar Rp 142.615.316.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version