KORANMANDALA.COM – Melakukan perpanjangan SIM yang dilakukan setiap 5 tahun sekali adalah hal yang lumrah. Saat ini, banyak tempat yang menyediakan pelayanan perpanjangan SIM, termasuk diantaranya mobil keliling yang disediakan oleh Polres atau Polrestabes terdekat.

Seringkali kita dihadapkan pada antrian yang cukup panjang, mulai dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, pembaharuan data pribadi, pengambilan foto dan sidik jari, penandatanganan, sampai akhirnya pengambilan SIM yang baru. Biasanya kita akan mulai melakukan pendaftaran sekitar jam 7-8 pagi. Sementara hasilnya bisa kita ambil sekitar jam 14 di hari yang sama.

Saat melakukan perpanjangan SIM di gerai mobil keliling, sudah dapat dipastikan bahwa kita akan berada di area terbuka dengan fasilitas tempat duduk yang terbatas. Selain itu, paparan sinar matahari dan debu juga menjadi tantangan tersendiri yang harus kita hadapi.

KORANMANDALA akan memberikan 5 tips yang bisa pembaca pertimbangkan agar tetap dapat menjaga produktivitas saat menunggu antrian perpanjangan SIM melalui mobil keliling.

Baca juga: Perpanjangan SIM, Jadwal dan Tempat SIM Keliling Bandung 13 dan 14 Mei 2024

1. Gunakan pakaian yang casual namun tetap sopan

Setelan sepatu keds, celana jeans dan kemeja lengan pendek berbahan katun akan sangat bermanfaat saat melakukan pemeriksaan  kesehatan, terutama saat pemeriksaan tekanan darah. Dengan setelan ini, mudah-mudahan kita tidak merasa terlalu gerah sehingga mood kita tetap terjaga untuk selalu berpikir positif dan produktif.

2. Membawa kursi lipat sendiri dan membaca

Akan lebih bermanfaat jika kita membawa kursi lipat yang biasa digunakan untuk keperluan camping. Selain modelnya cukup nyaman karena memiliki sandaran, kita punya flexibilitas tinggi untuk memiliih lokasi antrian yang kita pilih. Jangan berhenti dengan duduk di tempat yang nyaman, gunakan waktu untuk membaca kitab suci, buku sesuai genre favorit Anda, ataupun mendengarkan podcast tips hidup sehat, self-development maupun hal produktif lainnya.

3. Berjalan kaki selama 2-3 menit setiap 1 jam

Pada dasarnya badan kita perlu melakukan pergerakan, jadi pastikan untuk berjalan kaki selama 2-3 menit saat kita sudah duduk selama 1 jam. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk peredaran darah serta kelenturan otot-otot di badan kita. Bila perlu lakukan stretching yang melibatkan tubuh bagian kepala, tangan, pinggang dan kaki.

4. Membaca dan Mempelajari Peraturan Lalu Lintas

Meskipun kita sudah memiliki SIM dalam rentang waktu yang lama, sebaiknya kita kembali membaca dan mempelajari peraturan yang terkait dengan lalu lintas, misal UU No.22 tahun 2009  tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, ataupun peraturan mengenai rambu lalu lintas, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 tahun 2014.

5. Melakukan Interaksi Sosial

Selama menunggu antrian perpanjangan SIM, manfaatkan waktu dengan melakukan interaksi sosial secara langsung dengan orang-orang yang hadir di lokasi. Sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan gawai / smartphone. Manfaatkan waktu yang ada untuk menambah relasi serta menjadi pendengar yang baik dari pengalaman hidup orang lain.

Demikian 5 tips Menjaga Produktivitas Saat Menunggu Antrian Perpanjangan SIM, mudah-mudahan pembaca koranmandala.com berkenan. (FMA)

Sumber:

Editor: Fajar Majeed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version