KORANMANDALA.COM – Bakal Calon Presiden (Bacapres) PDIP, Ganjar Pranowo melanjutkan rangkaian kunjungannya ke Kota Bandung.

Kali ini, Ganjar Pranowo bersilaturahmi ke tokoh Sunda, Popong Otje Djundjunan atau yang sering dikenal Ceu Popong di kediamannya yang terletak di Cipaganti, Kota Bandung pada Rabu, 4 Oktober 2023.

Kedatangan Ganjar Pranowo mendapatkan sambutan hangat dari Ceu Popong. Bahkan, Ganjar diajak berkeliling untuk melihat foto hingga penghargaan yang diterima oleh Ceu Popong.

“Saya diterima sangat ramah, menyenangkan dengan suasana ya seperti Ibu Saya. Terima kasih Ceu Popong,” kata Ganjar Pranowo setelah bersilaturahmi ke Ceu Popong.

Baca Juga: Sambangi Rumah Buruh, Ganjar Pranowo Santap Sayur Lodeh, Bagaimana Reaksi Warganet?

Pada kesempatan itu, Ganjar memperoleh wejangan dari Ceu Popong. Wejangan itu sarat filsofis kepemimpinan, kontestasi politik hingga kandidasi yang disebut sudah ditakdirkan jalannya.

“Ini sejarah, saya mendapatkan banyak sekali pencerahan. Satu yang sangat filosofis adalah soal pimpinan, kontestasi politik, kandidasi itu sudah ada garis tangannya, sudah ada takdirnya,” ucapnya.

Ganjar mengungkapkan, manusia memang diwajibkan untuk terus berikhtiar meskipun takdir sudah ditentukan. Termasuk, terkait pencalonannya pada perhelatan Pilpres 2024.

Baca Juga: Menyusuri Jalan Braga Bandung, Ganjar Pranowo Dapat Kejutan dari Pelukis Jalanan

“Manusia wajib hukumnya untuk berikhtiar, itu sesuatu yang dalam pas dengan apa yang saya rasakan,” ungkapnya.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku banyak belajar dari sosok Ceu Popong. Mengingat, Ceu Popong konsisten dan gigih membela rakyat secara mengedepankan nilai persatuan dan kesatuan tanpa membedakan golongan.

“Saya belajar dari beliau, sebagai orang perempuan Sunda yang punya kegigihan membela rakyat, nilai persatuan yang beliau dengungkan, merangkul semua golongan dan nasionalisme sangat luar biasa,” ucapnya.

1 2
Sumber:

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version