KORANMANDALA.COM – Berikut ini rekap hasil lengkap Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Prabowo-Gibran dipastikan menang usai unggul di 36 Provinsi. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) telah mengumumkan penyelesaian proses rekapitulasi suara secara nasional untuk Pemilihan Presiden/Wakil Presiden RI, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, dan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. 

“Rekapitulasi pilpres serta pemilu anggota DPR dan DPD dari 38 provinsi sudah dilaksanakan. Tentu saja kami menyadari dan mengetahui bersama ada dinamika, ada catatan kejadian khusus, ada catatan keberatan,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari yang disiarkan langsung dari YouTube KPU RI di Gedung KPU RI, Jakarta pada Rabu, 20 Maret 2024. 

Meskipun terdapat dinamika dan catatan peristiwa khusus, KPU memastikan bahwa proses rekapitulasi telah dilakukan dengan seksama. 

Baca Juga : BREAKING NEWS! KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden Terpilih

Sebelumnya, rekapitulasi suara juga telah dilaksanakan di 128 wilayah Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Hasyim menjelaskan bahwa rapat pleno untuk rekapitulasi hasil perolehan suara di luar negeri telah selesai dilakukan. 

Hasil rekapitulasi Pemilu 2024 menunjukkan bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendominasi dengan meraih 96.304.691 suara dari total suara yang masuk dari 128 PPLN dan 38 provinsi. 

Diikuti oleh pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 40.971.726 suara, dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dengan 27.041.508 suara. 

Baca Juga : Deny Siregar Bongkar Perang Bintang di Tingkat Elite, Partai Mulai Merapat ke Prabowo

Prabowo-Gibran berhasil memenangi 36 provinsi, sementara Anies-Muhaimin meraih suara terbanyak di dua provinsi. 

Sedangkan, Ganjar-Mahfud tidak memenangi satu pun provinsi. 

1 2
Sumber: Berbagai Sumber

Editor: Ririn Fitri Astuti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version