KORANMANDALA.COM – Golkar Kabupaten Cirebon menetapkan Teguh Rusiana Merdeka sebagai calon tunggal dalam Pilkada Kabupaten Cirebon serentak 2024.

Keputusan ini disampaikan oleh politisi Golkar Kabupaten Cirebon, Anton Maulana, yang menegaskan bahwa Golkar tidak membuka pendaftaran untuk calon bupati lain.

“Teguh sebagai Ketua DPD Golkar Kabupaten Cirebon akan tetap berada pada posisinya dan Golkar telah mengajukan Teguh Rusiana Merdeka sebagai calon bupati,” ujar Anton pada Kamis, 20 Juni 2024.

Menurut Anton, pencalonan Teguh Rusiana Merdeka telah menjadi keputusan final dari DPP Golkar.

“Kami akan berusaha sekuat tenaga agar agenda ini sukses,” katanya.

Namun, Anton menambahkan bahwa penunjukan Teguh Rusiana Merdeka oleh Golkar masih akan dibahas lebih lanjut oleh koalisi KIM dan PKB.

“Partai-partai koalisi sedang mengevaluasi calon-calon yang ada. Nantinya, tim koalisi akan membahas untuk mencapai kesepakatan,” jelasnya.

Golkar berharap Teguh akan masuk dalam daftar calon Bupati yang disetujui oleh KIM dan PKB. Tetapi, keputusan akhir tetap berada di tangan KIM dan PKB.

“Demi kemajuan Kabupaten Cirebon, semua pihak harus mencapai kesepakatan,” ujarnya.

Sementara itu, praktisi hukum Cirebon, Afroyim, berpendapat bahwa Kabupaten Cirebon memerlukan pemimpin yang kompeten dan memahami tata kelola pemerintahan.

“Kondisi terpuruk Kabupaten Cirebon menunjukkan kegagalan tata kelola birokrasi selama ini,” katanya.

Afroyim juga menilai bahwa koalisi KIM dan PKB merupakan koalisi yang menarik, namun calon bupati dan wakilnya harus dipilih dengan cermat.

“Jika koalisi ini tidak cermat dalam memilih calon yang tepat, maka hasilnya tidak akan berbeda dan hanya sekadar berpindah tempat,” pungkasnya. * (Chs)

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version