KORANMANDALA.COM – Hasto Kristiyanto, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP, mengungkapkan bahwa partainya telah menyiapkan tiga kader yang saat ini menjabat sebagai menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta 2024.

Ia mengatakan bahwa ketiga nama tersebut sudah masuk dalam bursa calon gubernur (cagub) Jakarta.

Hasto menjelaskan bahwa sebagai partai politik, PDIP siap mendukung dan memberikan kesempatan kepada kadernya sebagai bagian dari langkah kaderisasi yang sistematis.

BACA JUGA: Bagi-bagi 16 AKUN FF Gratis Masih Aktif 30 Juni 2024 No Hack Evo Gun, Akun Sultan FF Litomplo

“Proses kaderisasi telah dilakukan sejak awal, kita telah mengembangkan kader-kader PDIP untuk dipersiapkan sebagai calon kepala daerah,” ujar Hasto pada Minggu, 30 Juni 2024.

Hasto menyebutkan tiga nama menteri yang disiapkan adalah Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas.

Menurut Hasto, pengajuan nama-nama kader internal dalam kontestasi demokrasi dilakukan PDIP sebagai cara untuk menjaga eksistensi partai dalam peta politik Indonesia.

Selain itu, PDIP ingin memastikan bahwa konsep pembangunan semesta berencana menuju Indonesia Raya bisa berjalan dengan baik jika kepala daerah atau wakil kepala daerah diisi oleh kader PDIP.

Kerja sama dengan partai politik lain, kata Hasto, tetap dilakukan dengan mempertimbangkan aspek-aspek peta politik yang khas di daerah.

Selain tiga nama menteri tersebut, Hasto juga menyebutkan adanya kader PDIP lain yang disiapkan untuk Pilgub Jakarta, yaitu mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa dan anggota DPR RI Eriko Sotarduga.

Hasto menegaskan bahwa PDIP tidak kekurangan stok kader yang siap untuk dicalonkan.

Di saat yang sama, Hasto mengatakan bahwa PDIP terbuka untuk berkomunikasi dengan partai politik manapun terkait Pilkada Serentak 2024, termasuk Pilgub Jakarta.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version