KORANMANDALA.COM – Pada awal bulan Juni 2024 nanti, para pengamat bintang dan para hobi astronomi akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan fenomena keselarasan planet yang langka, yaitu beberapa planet yang berbaris sejajar di angkasa.

Enam planet yaitu Jupiter, Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus—akan berbaris di langit menjelang fajar. Fenomena ini terjadi karena planet-planet mengorbit Matahari pada bidang yang relatif datar, yaitu ekliptika, sehingga tampak segaris jika dilihat dari Bumi.

Untuk melihat peristiwa ini, melansir dari laman Astronomy, pengamat bintang sebaiknya melihat ke arah timur sekitar 20 menit sebelum matahari terbit, terutama sekitar tanggal 3 Juni 2024.

Jupiter akan berada paling dekat dengan cakrawala, disusul Merkurius, Uranus, Mars, Neptunus, dan Saturnus, yang membentang sekitar 73 derajat di langit. Meski Uranus dan Neptunus redup sehingga memerlukan teropong atau teleskop, planet lain akan terlihat dengan mata telanjang.

BACA JUGA: Meteor Jatuh Terangi Langit Eropa dengan Cahaya Kilauan Biru Kehijauan yang Spektakuler

Para pecinta astronomi dan bintang bisa mendapatkan bulan sabit yang akan bergabung dalam barisan planet tanggal 4 dan 5 Juni 2024, hal ini menambah tampilan yang indah di angkasa jika cuaca cerah.

Pada akhir bulan Juni 2024, Planet Merkurius sudah tidak terlihat lagi, namun lima planet sisanya masih akan membentuk garis yang indah dan menawan.

Keselarasan, paralel dan sejajarnya dari planet-planet seperti ini, meski tidak jarang terjadi, menawarkan pemandangan menakjubkan dan kesempatan yang unik untuk mengamati beberapa planet sekaligus. Orang-orang yang bangun pagi akan dihadiahi pemandangan mengesankan yang membentang di sebagian besar langit. ***

BACA LAINNYA: CARA MENDAPATKAN 15 Akun FF Sultan Gratis 29 Mei 2024 dengan Skin SG2 Ungu Reaper Underworld

Sumber:

Editor: Stefani Ramli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version