KORANMANDALA.COM – Maha luasnya Alam semesta ini di buktikan dengan ada milyaran bintang di galaksi yang kita huni. Dan masing-masing bintang tersebut mungkin mempunyai planet yang mengorbitnya. Ini berarti jumlah planet di alam semesta tidak terbatas, ada beberapa planet baru ditemukan, dan mungkin beberapa di antaranya berpotensi mendukung kehidupan manusia.

Seperti baru baru ini dilansir dari ACADEMIC OUP. Planet baru yang baru ditemukan ini dinamakan Gliese 12 b, menurut penelitian terbaru, para ilmuwan mengungkapkan planet baru tersebut dapat mendukung keberadaan manusia dan layak huni.

BACA JUGA: Penyebab Terjadinya Aurora Borealis dan Aurora Australis

Planet baru Gliese 12 b diidentifikasi melalui penelitian Monthly Notices of the Royal Astronomical Society. Planet ini adalah “planet terdekat transit, dan seukuran Bumi yang ditemukan hingga saat ini,” menurut penyelidikan para ilmuwan.

Planet Gliese ini ditemukan oleh tim ilmuwan internasional menggunakan Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) milik NASA. Meskipun jaraknya 40 tahun cahaya, para ilmuwan mengklaim bahwa ini adalah salah satu dari sedikit planet berbatu yang ditemukan yang mungkin mendukung kehidupan manusia.

Planet Gliese 12 b ini mengorbit bintang merah kecil dan berukuran mirip dengan Bumi. Jaraknya dari Bumi hanya 40 tahun cahaya, yang menurut standar astronomi tidak terlalu jauh.

BACA JUGA: Fenomena Langka di Bulan Juni, 6 Planet Ini Sejajar di Tata Surya

Bintang Gliese 12 b memberikan lebih banyak energi bagi planet ini dibandingkan matahari bagi Bumi. Atmosfer, yang penting bagi kehidupan seperti yang kita ketahui, masih belum diketahui secara pasti oleh para ilmuwan ada di planet ini. Karena kemiripannya dengan Bumi dan kedekatannya dengan tata surya kita, Gliese 12 b merupakan prospek yang menjanjikan untuk penelitian tambahan meskipun belum ada ketidakpastian.

Karena air di permukaan planet diperlukan agar dapat dihuni, para ilmuwan harus memastikan apakah Gliese 12 b memiliki atmosfer yang mirip dengan Bumi untuk memutuskan apakah planet tersebut dapat mendukung kehidupan manusia atau tidak.

Namun, para ahli mengaku masih belum yakin dengan jenis atmosfer yang ada. Ada banyak kemungkinan planet yang lain di Alam semesta yang layak huni, namun Planet ini Gliese 12 b dianggap sebagai target yang baik untuk penelitian selanjutnya tentang adanya atmosfer di planet lain. **

 

BACA LAINNYA:

TERSEDIA 19 Kode Redeem Free Fire Max Berlaku Sampai Akhir Mei 2024: Parachute Weapon Diamond

10 Akun FF Sultan Gratis Hari Ini 30 Mei 2024 Login FB, Semua Skin Weapon Ada!

CARA MENDAPATKAN 15 Akun FF Sultan Gratis 29 Mei 2024 dengan Skin SG2 Ungu Reaper Underworld

7 Akun FF Gratis Rank GM, Banyak DM, Pet, dan Skin Terbaru Mei 2024

 

Sumber:

Editor: Stefani Ramli

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version