KORANMANDALA.COM – Bersedekah menjadi obat ampuh untuk menyembuhkan penyakit, tak ada salahnya juga berniat sedekah untuk kesembuhan.

Sedekah sangat ramah di telinga umat Islam, yang mana kata ini diambil dari bahasa Arab yaitu “shadaqah”, berasal dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”.

Menurut peraturan BAZNAS Nomor 2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam menyampaikan bahwa bersedekah carilah orang miskin, baik sedekah makanan atau sedekah air, supaya apa terproteksi diri, jiwa, dan raga kita dengan bersedekah.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shalallahu alaihi wa Sallam bersabda,

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ، وَمَا زَادَ اللهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ، إِلَّا عِزًّا، وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللهُ

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya” (HR. Muslim No. 2588).

Berdasarkan sabda Rasul, sedekah tidak akan mengurangi harta. Justru, menjadi sebab pertolongan Allah dan datangnya rezeki.

هَلْ تُنْصَرُونَ وَتُرْزَقُونَ إِلَّا بِضُعَفَائِكُمْ

“Tidaklah kalian ditolong dan diberi rezeki melainkan karena adanya (doa) orang-orang yang lemah (di antara) kalian.” (HR. Al-Bukhari No. 2896)

“Kalau misal ada keluarga yang lama sembuhnya coba kerjakan itu ya sedekah terutama ke orang-orang yang mungkin disebutkan secara khusus oleh Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam atau disebutkan Allah dalam Al Quran, itu punya faedah,” ucap dr. Zaidul Akbar yang dikutip dari kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Senin 24 Juli 2023.

Sedekah juga merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al Quran yang menyebutkan tentang sedekah, satu di antaranya yaitu surat Al Baqarah ayat 271.

Allah Subhanahu Wa Ta’ala memberikan keistimewaan pada hambaNya dengan memberikan kesempatan bertaubat dan akan dihapuskan dosa-dosanya. Satu di antaranya cara untuk menghapus dosa yaitu dengan bersedekah.

Demikian, keutamaan berobat dengan sedekah. Semoga artikel ini dapat membantu. (*) 

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version