KORANMANDALA.COM – Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan memberikan balasan kebaikan bagi hambaNya yang bertakwa dan yang mau mengikuti aturanNya.

Namun, tak sedikit orang yang tidak melakukan sebuah amalan tapi dia menuntut balasan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Maka, hal ini sangat keliru dan tentunya perlu dibenahi. Bagaimana Allah akan memberikan balasan kebaikan padaNya, kalau dirinya saja tidak melakukan amalan yang membua Allah ridho?

Sebuah pengingat bagi kita semua, jangan menuntut balasan atas amal yang tidak dilakukan.

Baca Juga: Satu di Antara Tanda-Tanda Hari Kiamat: Manusia Berlomba-loma Meninggikan Bangunan, Relate dengan Zaman Sekarang

Dalam Kitab Al Hikam karya Syaikh Ibn ‘Atha’illah As Sakandari cetakan ke-16, 2022, halaman 143, terdapat sebuah pesan yang cukup menohok bagi kita semua.

Isi pesan tersebut berbunyi,

“Jangan menuntut balasan (imbalan) atas suatu amal yang pelakunya bukan dirimu sendiri. Cukuplah balasa Allah bagimu, apabila dia menerima amalan itu.”

Baca Juga: Manusia Berlomba Lomba untuk Kepuasan di Dunia, Ustadz Adi Hidayat: Apa yang Mau Dibanggakan, Sih?

Allah Subhanahu Wa Ta’ala juga berfirman dalam sebuah ayat Al Quran,

وَٱللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ

“Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu,” (QS. As Shaaffaat: 96)

Dalam hal ini, Syaikh Ibn Atha’illah mengingatkan bahwa tidak pantas bagi seorang hamba untuk menuntut apa yang pada hakikatnya bukan menjadi miliknya.

Baca Juga: Nasihat Baik, Jangan Pernah Sombong dengan Ilmu yang Dimiliki, Simak Penjelasannya Menurut Ustadz Adi Hidayat

Sebaliknya, ia hasrus berterima kasih (bersyukur) atas sarana dan prasarana yang ia gunakan untuk melakukan semua aktivitas dalam hidupnya.

Maka, ini juga berkaitan dengan rasa iri hati. Kita tidak berhak untuk merasa iri pada orang lain, karena apa yang dimilikinya sudah ketentuan dari Allah.

Yang perlu dilakukan seorang hamba yaitu beramal untuk bekal dirinya sehingga membuat Allah Ta’ala ridho.

Baca Juga: Sudah Siapkah Kita dengan Kematian? Simak Renungan dari Ustadz Adi Hidayat Berikut Ini

Jika Allah sudah menghendaki sesuatu, tidak ada yang tidak mungkin. Dia pun akan memberikan balasan kebaikan atas amal yang dilakukan oleh hambaNya. (*)

Sumber:

Editor: Della Amelia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version