KORANMANDALA.COM – Seorang muslim diwajibkan untuk menuntut ilmu di mana pun ia berada, khususnya ilmu agama. Sebab, di agama Islam, ilmu menjadi dasar seseorang dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Tanpa ilmu, segalanya akan terasa hampa dan gelap. Ilmu punya peran penting bagi perkembangan manusia dan kemajuan umat.

Sebagian orang mungkin menganggap bahwa hukum menuntut ilmu agama sekadar sunnah saja. Padahal tidak demikian, jika seseorang masih dinilai mampu dan sehat maka hukum menununtut ilmu agama adalah wajib atas setiap muslim (fardhu ‘ain).

Dilansir dari berbagai sumber, kewajiban menuntut ilmu itu sendiri mengacu pada sebuah dalil  hadits Nabi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

“Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah)

Berdasarkan hadits ini, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam secara tegas menyatakan bahwa menuntut ilmu itu hukumnya wajib atas setiap muslim, bukan bagi sebagian orang muslim saja.

Adapun seorang muslim dianjurkan untuk berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala mengenai segala hal, termasuk memohon agar ditambahkannya ilmu.

Berikut ini merupakan penggalan ayat Al Quran yang dapat diamalkan untuk memohon kepada Allah agar diberikan ilmu yang diridhai oleh-Nya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

رَّبِّ زِدْنِى عِلْمًا

“Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan.” (QS. Thaha: 114)

Demikian, penggalan surat Thaha ayat 144 tersebut dapat diamalkan dalam doa, guna memohon kepada-Nya  untuk ditambahkan ilmu dalam kehidupan di dunia. Semoga dapat bermanfaat. (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version