KORANMANDALA.COM – Menurut bahasa, Zikir yaitu mengingat. Sedangkan menurut istilah zikir sendiri yaitu salah satu cara mengingat Allah SWT dengan membaca tasbih tahmid dan takbir.

Seorang muslim yang senantiasa berzikir maka akan senantiasa mengingat akan kebesaran Allah SWT.

Zikir sendiri bisa Anda baca kapan saja, misalnya Anda lebih familiar dengan zikir pagi dan petang. Maka, anda bisa membaca zikir itu secara rutin setiap pagi ataupun petang.

Namun, terlepas dari itu Anda juga bisa membacanya setelah selesai melaksanakan sholat fardhu ataupun sholat sunnah.

Allah SWT memerintahkan seluruh umat muslim untuk senantiasa berzikir kepada-nya hal ini juga tercantum dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 41 dan 42 sebagai berikut

يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اذْكُرُوْا اللّٰهَ ذِكْرًا كَثِيْرًا وَّ سَبِّحُوْهُ بُكْرَةً وَّاَصِيْلًا

“Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, dan bertasbihlah kepada-Nya pada waktu pagi dan petang.”

Selain dari surat Al Ahzab, Allah SWT juga memerintahkan zikir dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 41 yaitu sebagai berikut.

قَا لَ رَبِّ اجْعَلْ لِّيْۤ اٰيَةً ۗ قَا لَ اٰيَتُكَ اَ لَّا تُكَلِّمَ النَّا سَ ثَلٰثَةَ اَيَّا مٍ اِلَّا رَمْزًا ۗ وَا ذْكُرْ رَّبَّكَ كَثِيْرًا وَّسَبِّحْ بِا لْعَشِيِّ وَا لْاِ بْكَا رِ

“Dia (Zakaria) berkata, “Ya Tuhanku, berilah aku suatu tanda.” Allah berfirman, “Tanda bagimu adalah bahwa engkau tidak berbicara dengan manusia selama tiga hari, kecuali dengan isyarat. Dan sebutlah (nama) Tuhanmu banyak-banyak, dan bertasbihlah (memuji-Nya) pada waktu petang dan pagi hari.”

Selain itu zikir juga memiliki banyak sekali keutamaan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, berikut adalah keutamaan membaca zikir yang dilansir Koran Mandala dari berbagai sumber.

1. Sebagai salah satu ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT

Zikir adakah salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah SWT, hal ini disebutkan dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 152.

فَا ذْكُرُوْنِيْۤ اَذْكُرْكُمْ وَا شْکُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

2. Salah satu cara agar digugurkannya dosa-dosa

Zikir juga merupakan cara agar Allah senantiasa mengampuni dosa-dosa yang telah diperbuat hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda,

فَا ذْكُرُوْنِيْۤ اَذْكُرْكُمْ وَا شْکُرُوْا لِيْ وَلَا تَكْفُرُوْنِ

“Maka ingatlah kepada-Ku, Aku pun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepada-Ku dan janganlah kamu ingkar kepada-Ku.”

3. Agar terhindar dari gangguan setan

Barang siapa yang ingin terhindar dari gangguan setan maka perbanyaklah berzikir, hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran surat Fusilat ayat 36.

وَاِ مَّا يَنْزَغَنَّكَ مِنَ الشَّيْطٰنِ نَزْغٌ فَا سْتَعِذْ بِا للّٰهِ ۗ اِنَّهٗ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Dan jika setan mengganggumu dengan suatu godaan maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sungguh, Dialah Yang Maha Mendengar, Maha Mengetahui.”

4. Mendapatkan pahala yang besar

Zikir adalah salah satu ibadah yang paling ringan untuk di ucapakan, namun jika Anda membacanya secara rutin maka akan mendapatkan pahala yang besar.

Sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Dari ‘Abdullah bin Busr RA bahwa ada seorang lelaki yang berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya syariat Islam ini telah banyak bagiku, maka beritahukan kepadaku sesuatu yang bisa aku pegang selalu.” Beliau menjawab, “Hendaklah lisanmu selalu basah karena berdzikir kepada Allah SWT.”

Demikian ulasan mengenai keutamaan zikir menurut Al Quran dan Hadis. Semoga bermanfaat. (*)

 

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version