KORANMANDALA.COM – Inilah 7 amalan yang dapat menyelamatkan manusia dari siksa kubur.

Kita hidup di dunia ini sebenarnya mengumpulkan persiapan untuk kehidupan setelah mati.

Namun, sebelum mencapai alam akhirat manusia yang telah meninggal akan ada di alam kubur. Mereka yang hidup dalam ketaatan dan memiliki hubungan yang baik dengan Allah akan diberikan kenikmatan dan kebahagiaan di alam kubur.

Sebaliknya, manusia yang semasa hidupnya selalu berbuat dosa dan belum sempat bertaubat akan Allah berikan siksa kubur. Siksa kubur dalam agama Islam merujuk pada penampakan dan penerapan hukuman di alam kubur yang mirip dengan hukuman di neraka. Keberadaan siksa kubur tersebut disebutkan oleh Allah dalam ayat 46 Surah Al-Mu’min.

KH Bahauddin Nursalim, yang biasa disapa Gus Baha, menjelaskan tentang tindakan-tindakan yang dapat menjadi persiapan agar terhindar dari siksa kubur.

Mari kita ibaratkan kehidupan ini seperti sebuah perahu yang membutuhkan perbekalan untuk kehidupan setelah mati.

Gus Baha menjelaskan bahwa terdapat tujuh tindakan yang dapat menyelamatkan seseorang dari siksa kubur.

Jika ketujuh tindakan ini dilakukan secara konsisten selama hidup di dunia, maka seseorang tidak akan merasakan siksa di alam kubur nanti.Lebih jauh lagi, tindakan-tindakan ini dapat menerangi alam kubur, kata Gus Baha.

Alam kubur merupakan tahapan setelah kematian sebelum memasuki alam barzakh. Saat seseorang meninggal, dia memasuki alam kubur.

Di alam kubur, jiwa masih dapat merasakan keberadaan tubuh, tetapi tidak dapat menggerakkannya atau memerintahkannya seperti saat masih hidup.Setiap tindakan dan perilaku di dunia akan menentukan nasib seseorang di akhirat.

Setiap orang yang taat kepada Allah SWT akan terhindar dari siksa kubur. Gus Baha menyebutkan tujuh tindakan yang dapat menyelamatkan seseorang dari siksa kubur.

Sebelum ditempatkan di surga atau neraka, seseorang akan dimintai pertanggungjawaban di alam kubur.

“Akhirat adalah kegelapan yang dipecahkan oleh amal perbuatan yang baik,” ujar Gus Baha di YouTube Dakwah Digital.

7 Amalan yang dapat Selamatkan Umat Islam dari Siksa Kubur

Kemudian, Gus Baha menjelaskan tujuh tindakan yang dapat menyelamatkan umat manusia di alam kubur dan akhirat.

“Ikhlas dalam ibadah, berbakti kepada orang tua, menjaga silaturahmi, menjauhi perbuatan dosa, menolak nafsu hawa, sungguh-sungguh dalam ketaatan, dan banyak berzikir kepada Allah,” kata Gus Baha.

Dengan melakukan tujuh tindakan ini, umat manusia mematuhi perintah Allah SWT.

“Allah menyukai jika perintah-Nya dijalankan dengan baik. Allah juga menyukai pelaksanaan kewajiban-Nya,” ujar Gus Baha.

Gus Baha menjelaskan bahwa dalam beribadah kepada Allah, seseorang harus yakin sepenuh hati bahwa ibadahnya akan diterima oleh Allah.

“Jadi, Allah itu aneh. Tapi aneh dalam arti baik. Misalnya ada orang yang baca Al-Qur’an, tetapi yakin tidak diampuni dosa-dosanya itu dianggap menghina Al Quran. Orang wukuf di Arafah, tapi menyangka dosanya tidak akan diampuni itu dianggap menghina Allah,”tutup Gus Baha. (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version