KORANMANDALA.COM – Sebagai seorang muslim, sudah seharusnya memohon kepada Yang Maha Kuasa untuk meminta kebaikan bagi dirinya. Kebaikan tersebut bukan hanya perihal dunia saja, namun juga akhirat.

Mengapa demikian? Sebab, seorang yang beriman selayaknya ia mempercayai bahwa kehidupan yang ia jalani tidak hanya di dunia saja, namun juga akan ada kehidupan setelah kematian, yakni kehidupan akhirat.

Maka, memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk kebaikan di dunia dan di akhirat adalah sangat dianjurkan. Harapannya agar Allah Ta’ala menyelamatkan orang tersebut dari segala macam keburukan.

Keburukan atau masalah di dunia, mungkin saja dapat terlewati walau harus ‘babak belur’ menjalaninya. Namun, bagaimana jika keburukan itu terjadi di akhirat?

Sungguh, membayangkannya saja tak mampu. Sebab keburukan yang paling mengerikan di akhirat kelak adalah ketika rahmat Allah tak menyertai diri seorang muslim. Naudzubillah.

Tentunya, jangan sampai hal itu terjadi. Maka, perbanyaklah berdoa kepada Allah dengan ikhlas dan tulus, serta laksanakanlah apa yang diperintahkan dan jauhi apa yang dilarang oleh-Nya.

Berikut merupakan penggalan doa dari Al Quran yang dapat diamalkan untuk memohon kebaikan di dunia dan di akhirat.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْءَاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

rabbanaa aatinaa fii alddunyaa hasanatan wafii al-aakhirati hasanatan waqinaa ‘adzaaba alnnaar

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Al Baqarah: 201)

Penggalan surat Al Baqarah ayat 201 di atas biasanya diselipkan di akhir bacaan ketika seseorang berdoa. Hal ini sangat baik. Semoga dengan membacakan doa tersebut, Allah memberikan kebaikan untuk hamba-Nya di dunia maupun di akhirat serta dilindungi dari azab neraka. (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version