KORANMANDALA.COM – Selama manusia hidup di dunia mereka berlomba-lomba untuk terus menjaring amal kebaikan, mulai dari berbuat kepada kedua orang, sahabat, teman, keluarga, anak yatim, dan lain sebagainya.

Namun, amalan tersebut ketika sudah meninggal maka semuanya akan terputus, terkecuali dengan tiga amalan ini yang pahalanya akan terus mengalir meski sudah meninggal.

Kemudian apa saja tiga amalan tersebut? Pertanyaan ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim nomor 1613, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang saleh.” (HR. Muslim nomor 1631)

Sesuai dengan hadits tersebut, maka, ada tiga amalan yang pahalanya terus mengalir meskipun sudah meninggal dilansir Koran Mandala dari berbagai sumber.

1. Sedekah Jariyah

Sedekah Jariyah merupakan salah satu amalan dengan memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang kebermanfaatannya panjang atau tiada putus-putusnya.

Sedekah Jariyah contohnya yaitu semua bentuk wakaf, menggali sumur untuk orang lain, donatur pembangunan mesjid, donatur pembangunan sekolah, dan lainnya.

2. Ilmu yang bermanfaat

Ilmu yang bermanfaat disini yaitu ilmu yang dapat berguna bagi banyak orang dan dalam konteks kebaikan, maka selama itulah pahalanya akan terus mengalir meskipun ia sudah meninggal.

Konteks Ilmu yang bermanfaat sangat tidak sesuai dengan konsep sebagai berikut contohnya memberikan contekan pada saat ulangan, ataupun untuk berbuat curang.

Ilmu yang bermanfaat salah satunya yaitu mengajak seseorang ke jalan yang benar, seperti mengajarkan Al Quran, menuntut ilmu yang tinggi, mencintai Nabi dan Rasul ataupun sebagainya.

3. Doa anak yang saleh

Anak yang soleh terlahir berkat orang tua yang mendidiknya dengan sangat baik, sehingga anak tersebut akan senantiasa mendoakan kedua orang tuanya dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Terdapat salah satu doa yang bisa dipanjatkan seorang anak untuk mendoakan kedua orang tuanya yaitu sebagai berikut.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

(Ya Allah, Tuhanku! Sayangilah kedua orangtuaku sebagaimana mereka mendidikku di masa kecil).

Demikian ulasan mengenai tiga amalan yang pahalanya tidak berhenti meskipun sudah meninggal.  Semoga bermanfaat. (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version