KORANMANDALA.COM – Pusat Astronomi Internasional (IAC) telah menetapkan jadwal Idul Adha 2023.

Menurut AIC, sebagian besar negara berpenduduk Islam akan melangsungkan Idul Adha pada hari Rabu, 28 Juni 2023.

Lantas, apakah Idul Adha di Indonesia jatuh di hari yang sama seperti IAC?

Dilansir oleh Koran Mandala dari berbagai sumber, Rabu 28 Juni 2023 bertepatan dengan 10 Dzulhijjah 1444 Hijriah di Arab Saudi. Pada tanggal tersebut juga, ditetapkan sebagai Idul Adha 2023 sesuai dengan keputusan Kerajaan Arab Saudi.

Baca juga: Tanggal Berapa Muhammadiyah, NU, dan Pemerintah Rayakan Hari Raya Idul Adha 2023? Berikut Penjelasannya

Saat ini, umat Islam dari seluruh dunia sedang melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk sambil menanti hari raya umat Islam yang memperingati peristiwa kurban.

Sementara itu, jadwal Idul Adha di Indonesia masih menunggu sidang isbat yang akan digelar besok, hari Minggu, 18 Juni 2023.

Sidang isbat penetapan Idul Adha 2023 sendiri akan dilangsungkan di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Baca juga: Gak Sampai Rp500 Ribu! Intip Skema Cicilan Ringan Motor Listrik Smoot ZUZU yang Disubsidi Pemerintah Rp7 Juta, Murah Banget Lhoo

Kementerian Agama (Kemenag) juga akan menggelar Ruqyatul Hilal atau pemantauan Hilal untuk penetapan awal Dzulhijjah pada 99 titik di Indonesia.

Tak hanya Kemenag, organisasi Islam di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) juga belum menentukan kapan awal mula Idul Adha 2023.

Sementara itu, organisasi Islam lainnya yakni Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 1444 Hijriah yang jatuh pada Rabu, 28 Juni 2023.

Baca juga: SLTA Sederajat Merapat, Loker 2023 Posisi Operator Produksi di Kabupaten Karawang, Gajinya Lebih dari Rp5 Juta

Muhammadiyah menentukan penetapan tersebut dberdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid. (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version