KORANMANDALA.COM – Pemerintah telah menentapkan Hari Raya Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal 29 Juni atau tanggal 10 Dzulhijjah 1444 H.

Umat muslim sangat dianjurkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah.

Menurut hadist Rasulullah ada sejumlah keutamaan yang luar biasa ketika seorang muslim menjalankan ibadah puasa di bulan Dzulhijjah.

Berikut ini 5 keutamaan puasa Dzulhijjah menjelang Idul Adha 2023 :

1. Puasa di bulan Dzulhijjah dan beramal di dalam nya termasuk memiliki keutamaan yang lebih jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

2. Dikutip dari Said bin Jubair, ia meriwayatkan hadist Rasullullah dari Ibnu Abbas RA;

“Apabila kamu masuk ke dalam sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, maka bersungguh-sungguhlah sampai hampir saja ia tidak mampu menguasainya (melaksanakannya).” (HR Darimi)

3. Keutamaan menjalankan puasa di hari pertama di bulan Dzulhijjah akan Allah maafkan setiap kesalahan dan dosanya.

“Barang siapa yang berpuasa di hari pertama di bulan Dzulhijjah maka Allah akan memaafkan dosa-dosanya sebagaimana yang terjadi kepada Nabi Adam.”

4. Umat Islam yang menunaikan ibadah puasa di hari kedua di bulan Dzulhijjah akan memperoleh ganjaran setara dengan ibadah selama setahun penuh.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW,

“Barang siapa beribadah di hari kedua bulan Dzulhijjah baginya pahala yang menyerupai ibadah satu tahun tanpa ada maksiat.”

5. Lalu jika menjalankan puasa di hari kelima, Alllah permudahkan setiap langkah dalam kehidupannya.

“Barang siapa berpuasa di hari ke tujuh bulan Dzulhijjah akan ditutup tiga puluh kesulitan dalam hidupnya dan dibuka tiga puluh pintu kemudahan baginya.” (*)

Sumber:

Editor: Editor Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version