KORANMANDALA.COM – Menunaikan ibadah haji adalah impian semua orang. Begitu pun Lukman Busro. Cita-catanya pergi haji sudah muncul sejak ia masih kecil.

Berkat doa dan kerja kerasnya, Lukman berhasil berangkat haji pada usia yang relatif masih muda, yaitu 35 tahun.

Lukman adalah seorang warga Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, yang mengais rezeki dengan berjualan bakso bakar.

BACA JUGA: 7 Akun FF Sultan Season 1 Gratis Login Google Hari Ini 7 Juni 2024, Ada Bundle Cobra

Setiap hari, ia berjualan di sekitar Bandara Adi Soemarno Surakarta, bandara yang menjadi titik keberangkatan jemaah haji ke tanah suci.

Sejak awal 2012, ketika usia pernikahannya baru satu tahun, Lukman telah menekuni usaha bakso bakarnya. Sebagai satu-satunya penjual bakso bakar di bandara, ia berhasil menarik banyak pelanggan.

Mungkin karena cita-citanya sejak kecil untuk bisa pergi haji, Allah mempermudah rezekinya.

Dengan bantuan istrinya, Lukman bisa meraih omzet harian antara Rp400.000 hingga Rp500.000. Penghasilannya digunakan untuk kebutuhan keluarga dan sebagian ditabung untuk biaya haji.

Dari tabungan setahun, Lukman bisa mendaftar haji pada akhir 2012. “Penghasilan saya dari jualan digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sebagian lagi disisihkan untuk tabungan haji. Akhirnya, pada akhir tahun 2012 uang terkumpul dan saya segera mendaftar haji,” kata Lukman.

Karena dananya hanya cukup untuk satu orang, Lukman mendaftar haji sendirian tanpa istrinya. Mengenai bekal untuk istri dan kelima anaknya, ia mengaku sudah memiliki tabungan yang cukup.

Menurut Lukman, jika ingin berhaji harus memiliki keinginan yang kuat, disertai doa dan usaha. Seperti yang diajarkan oleh orang tua Lukman yang mengajari doa haji sejak kecil.

“Bapak saya mengajari saya doa haji sejak kecil, meskipun kami berasal dari keluarga sederhana. Setiap salat saya selalu berdoa agar dimampukan pergi haji,” ucap Lukman.

BACA JUGA: BOOYAH MALAM-MALAM! 15 Akun FF Sultan Gratis Terbaru 26 Mei 2024: Skin, Bundle Ekslusif dan Senjata Premium Free Fire

Lukman juga menambahkan, siapa pun bisa pergi haji asalkan ada niat dan panggilan dari Allah.

“Tekad awal saya adalah ingin pergi haji. Jangan menunggu kaya, tapi usahakanlah sejak dini,” lanjutnya.- ***

Sumber: kemenag.go.id

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version