KORANMANDALA.COM – Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air dimulai hari ini, diawali dengan kloter SUB 01 yang diberangkatkan dari Bandara King Abdul Azis di Jeddah pada pukul 03.15 Waktu Arab Saudi.

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda, menyampaikan bahwa selain kloter 01 dari Embarkasi Surabaya, kloter 2 Embarkasi Solo (SOC-02) yang terdiri dari 360 jemaah dan lima petugas juga akan pulang ke Indonesia hari ini. Kloter ini diberangkatkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz di Madinah.

Dalam keterangan resminya di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu, 22 Juni 2024, Widi menjelaskan bahwa 14 asrama haji di Tanah Air telah menyiapkan layanan kedatangan untuk jemaah.

BACA JUGA: 10 Akun FF Sultan Gratis Exp Hari Ini 22 Juni 2024, Aman Anti Hack Back dan Litomplo

Bagi jemaah yang tidak langsung pulang ke rumah, disediakan kamar akomodasi, snack selamat datang, serta fasilitas menginap selama satu malam jika diperlukan.

Asrama haji juga menyiapkan bus dari bandara, truk untuk koper bagasi, serta layanan ambulans dan minibus untuk jemaah sakit, lansia, atau disabilitas.

Widi juga menyebutkan bahwa setiap asrama haji menyediakan layanan kesehatan termasuk pelayanan rawat jalan, darurat, pemeriksaan laboratorium, rujukan rumah sakit, kekarantinaan kesehatan, penanganan jemaah yang wafat di pesawat, jalur fast track untuk lansia dan disabilitas, serta kursi roda.

Setelah pelepasan jemaah ke daerah masing-masing, dilakukan penyerahan paspor, air zamzam, dan penjelasan mengenai masa berlaku kartu kesehatan.

Hari ini, terdapat 20 kloter dengan total 7.973 jemaah yang kembali ke Tanah Air.

Widi berpesan agar jemaah menjaga kesehatan, mengikuti imbauan petugas untuk makan, minum, dan istirahat yang cukup, serta menjaga dokumen penting seperti paspor, visa, dan identitas pribadi lainnya.- ***

Sumber: kemenag.go.id

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version