KORANMANDALA.COM –  Ketika Jerman mengalahkan Skotlandia 5-1 di laga perdana UERO 2024, pemain muda Florian Wirtz, berhasil mencatatkan sejarah untuk negaranya sebagai pemain termuda yang mencetak gol di turnamen tersebut.

Seperti diketahui,  Florian Wirtz menjadi starter pada laga pembuka EURO 2024 antara Jerman kontra Skotlandia.

Pemain Leverkusen ini mendapat tugas dari pelatih Nagelsmann untuk bermain sebagai gelandang serang di samping Musala.

Menariknya, mendapat kepercayaan sebagai starter, pada menit ke-10, Florian Wirtz  berhasil membuka skor.

Skor bintang berusia 21 tahun itu berawal dari umpam silang. Meski kiper Skotlandia, Kimmich berhasil menyentuh bola, tetapi bola masih memantul dari tiang dan masuk ke gawang.

Gol pembuka itu membuat Florian Wirtz mencatat sejarah dengan menjadi pemain termuda yang mencetak gol untuk Jerman di turnamen Euro pada usia 21 tahun 42 hari.

Rekor tersebut sebelumnya dimiliki Havertz saat penyerang Arsenal itu mencetak gol untuk Jerman di Euro 2020 melawan Portugal di babak penyisihan grup dalam usia 22 tahun 8 hari.

Secara kebetulan, Havertz juga bermain pada laga melawan Skotlandia dan mencetak gol untuk menambah skor menjadi 3-0. Striker bernomor punggung 7 itu dengan mudah mengelabui kiper asal Skotlandia itu melalui titik penalti.

Florian Wirtz juga memegang rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Bundesliga saat mencetak gol pertamanya untuk Bayer Leverkusen pada usia 17 tahun 34 hari.

Wirtz juga melampaui Kai Havertz dalam rekor lain untuk menjadi pemain termuda yang melakukan debut untuk Leverkusen pada usia 17 tahun 16 hari.

Kehadiran Wirtz tersebut membuat Jerman menjalani laga pembuka Euro 2024 dengan sangat impresif, hingga mengalahkan Skotlandia 5-1. Sebelumnya, tak banyak pengamat yang memprediksi Jerman akan menang besar melawan Skotlandia. ***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version