KORANMANDALA.COM – Seri iPhone 16 Pro yang akan datang, menghadirkan zoom optik 5x dan teknologi prisma reflektif empat kali lipat.

Demikian informasi terbaru dari media trend teknologi dan pasar TrendForce sebagaimana dikutip Selasa 27 Februari 2024 hari ini.

Media itu menyebutkan, model iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max yang akan datang dan sangat dinantikan penggemar,  akan mengalami peningkatan penting.

Kedua ponsel, menurut media tersebut, akan dilengkapi dengan prisma reflektif empat kali lipat, memberikan pengguna zoom optik hingga 5x.

“Peningkatan ini akan menyelesaikan masalah banyak pengguna yang menyukai ponsel layar kecil dan fotografi, karena pada seri iPhone 15 Pro saat ini, hanya Pro Max versi layar besar yang mendukung fitur ini.” tulis media tersebut.

Disebutkan pula. bahwa desain struktur periskop prisma pemantul empat kali lipat Apple sangat berbeda dari versi Android.

Setelah empat kali pembiasan, Apple masih menempatkan bidang CMOS pada motherboard.

Desain ini membantu mengurangi ketebalan modul kamera secara signifikan. Oleh karena itu, dibandingkan dengan ponsel andalan Android, iPhone tidak memiliki tonjolan kamera yang kentara.

Namun, tulis media tersebut, ada tantangan tertentu dengan desain ini.

Menurut sumber, periskop Android biasa hanya memerlukan satu pembiasan, sehingga kehilangan cahaya lebih sedikit.

Setelah solusi prisma refleksi empat kali lipat Apple dibiaskan empat kali, meskipun menggunakan bahan berkualitas tinggi, sulit untuk menghindari hilangnya cahaya.

Hal ini dapat menyebabkan pengurangan jumlah cahaya yang pada akhirnya ditransmisikan ke CMOS, yang tentunya merupakan tantangan bagi sensor yang sudah berukuran kecil.

Oleh karena itu, dari segi performa telefoto pemandangan malam, performa iPhone 15 Pro Max relatif lemah, dan terdapat gap tertentu dibandingkan produk pesaing Android.

Sebelumnya seperti diketahui,  Apple telah berkomitmen untuk terus meningkatkan fungsi kamera dengan tetap mempertahankan desain ponsel yang tipis dan ringan.

Dan, meskipun solusi prisma reflektif empat kali lipat mungkin memiliki kompromi tertentu dalam beberapa aspek, solusi ini tidak diragukan lagi menghadirkan kemampuan zoom optik yang lebih tinggi pada seri iPhone 16 Pro. (ape)***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version