KORANMANDALA.COM – Jika ponsel Anda hilang atau dicuri orang, jangan khawatir, google siap membantu dengan fitur barunya nanti.

Google beberapa waktu lalu mengumumkan fitur-fitur dan kemampuan baru yang nantinya bakal mereka hadirkan di perangkat Android.

Salah satu fitur yang mereka perkenalkan dalam ajang Google I/O 2024 adalah Theft Detection Lock.

lalu apa fungsi Fitur Theft Detection Lock itu ?

Dari penjelasan Google, fitur Theft Detection Lock ini bertujuan untuk membantu melindungi data pengguna, saat smartphone mereka dicuri.

Raksasa search engine ini memang punya aplikasi Find My Device yang dapat mencari posisi smartphone pengguna.
Selain itu di dalam aplikasi Find My Device ini, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci smartphone mereka dari jarak jauh.

Hanya saja, bagaimana jika smartphone kita itu tiba-tiba dirampas atau dijambret dalam keadaan menyala?
Misalnya saja kita sedang baca file penting yang rahasia, terus smartphone kita itu diambil oleh orang lain, dan kita tidak sempat untuk mengakses aplikasi Find My Device.

Tentunya, orang tersebut akan langsung bisa menggunakan smartphone kita dan mengakses file tersebut untuk kepentingan pribadinya.

Nah atas alasan tersebut, Google menghadirkan fitur Theft Detection Lock yang ditenagai AI. Fitur ini akan otomatis mengunci layar smartphone ketika perangkat mendeteksi ada pencurian smartphone.

Salah satu pemicu dari fitur ini yaitu saat perangkat smartphone pengguna secara tiba-tiba bergerak cepat ke arah yang berlawanan, atau dapat diartikan saat smartphone dijambret.

Selain itu jika mengutip dari TechCruch, disebutkan jika Google nantinya bakal menghadirkan fitur yang membuat pencuri kesulitan untuk me-reset ke setelan pabrik (Factory Reset) smartphone curiannya.

Lalu juga ada informasi yang menyebutkan jika mereka bakal menghadirkan fitur Offline Device Lock kedepannya, yang dibuat untuk melindungi perangkat saat terputus jaringan.

Jika melihat dari tindakan anak perusahaan Alphabet ini, terlihat keseriusan mereka dalam melindungi data-data para penggunanya.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version