KORANMANDALA.COM –  iPhone dari Apple kembali menunjukkan dominasinya di pasar Tiongkok, barometer penjualan ponsel di dunia.

Ketika iPhone naik, Vivo yang semula di atas, turun ke urutan kedua, dan  Xiaomi naik ke urutan 3 dari semula di bawah.

Perubahan pola pasar ponsel di Tiongkok atau China terkait iPhone tersebut disebutkan sangat signifikan dan sebelumnya tidak pernah terjadi,

Sebagaimana dikutip dari beberapa sumber, pada minggu ke-21 tahun 2024 (20 Mei hingga 26 Mei), pangsa pasar ponsel Apple mencapai 18,97%, melampaui vivo dan Xiaomi.

Vivo yang berada di urutan kedua, pangsa pasarnya berada di angka 17,48%, dan Xiaomi di peringkat ketiga dengan pangsa pasar 16,16%.

Di bawah tiga besar, Huawei, Honor, dan OPPO masing-masing menempati posisi keempat, kelima, dan keenam dengan pangsa pasar masing-masing 15,78%, 13,84%, dan 13,54%.

Apa yang menyebabkan iPhone kembali naik?

Menurut sumber, perubahan struktur pasar tersebut erat kaitannya dengan strategi pemasaran Apple selama masa promosi 618.

Seperti diketahui, menurut data dari firma riset TechInsights, pada kuartal pertama tahun ini, pangsa Apple di pasar ponsel Tiongkok hanya 13,7%, tidak termasuk dalam lima besar.

Namun, dengan pemotongan harga yang signifikan pada semua model iPhone 15, Apple kembali naik. Strategi tersebut rupanya berhasil menarik banyak perhatian jumlah konsumen dan menaikkan kembali Apple di posisi atas.

Semantara alasan Xiaomi berhasil menduduki peringkat tiga teratas dalam penjualan ponsel domestik berdasarkan pengaruhnya yang kuat di pasar online dan kinerja penjualannya yang kuat selama promosi tahunan 618 dan Double 11.

Penggarapan Xiaomi yang mendalam dan operasi yang disempurnakan di pasar online telah memungkinkannya menonjol di pasar telepon seluler yang sangat kompetitif. ***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version