Banyak casing ponsel, terutama yang terbuat dari karet atau plastik, dapat memerangkap panas yang dihasilkan perangkat dan membatasi kemampuannya untuk membuangnya ke udara sekitar.

Apalagi jika casingnya terbuat dari bahan berwarna hitam atau lebih gelap. Ini justru dapat menyerap panas, sehingga memperburuk masalah.

Insinyur ponsel cerdas merancang bingkai perangkat agar dapat menghilangkan panas dengan mudah, sehingga melepas casing akan membuat udara mengalir lebih leluasa di sekitar ponsel, sehingga membantu pendinginan sebagaimana mestinya.

Tindakan sederhana ini dapat menurunkan suhu ponsel cerdas kita secara signifikan dengan cepat.

3.Pindah ke tempat yang lebih sejuk

Memindahkan ponsel ke ruangan dengan suhu sekitar lebih rendah, terutama ruangan ber-AC, menjadi pilihan ideal karena memungkinkan ponsel menghilangkan panas dengan lebih efektif.

Selain itu, pengguna juga dapat meletakkan ponselnya di permukaan yang sejuk seperti meja kayu atau permukaan logam yang dingin.

Jika tersedia kipas, posisikan kipas tersebut untuk mengarahkan aliran udara dingin yang stabil untuk lebih membantu proses pendinginan.

Jika kita berada di dalam mobil ber-AC, letakkan ponsel cerdas di dekat ventilasi pendingin.

Namun, berhati-hatilah untuk tidak meletakkan ponsel cerdas  di lemari es atau freezer, karena perubahan suhu yang cepat dapat menyebabkan pengembunan di dalam ponsel, yang berpotensi menyebabkan kerusakan sirkuit atau masalah lainnya.

1 2 3
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version