KORANMANDALA.COM – Indonesia dianugerahi potensi pariwisata yang sangat melimpah. Beragam seni budaya dan destinasi wisata bisa ditemukan di negeri ini. Keberagaman potensi wisata itu telah pula didukung infra dan supra strukturnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan wisatawan mancanegara seolah tak bosan berkunjung ke Indonesia.

Pertama, bumi Nusantara ini dianggap sebagai negara yang paling ramah, dan ini menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan mancanegara merasa nyaman berlibur di sini.

Keindahan destinasi alam bukan satu-satunya faktor, tetapi juga sikap ramah tuan rumah yang terasa dalam penyambutan wisatawan. Dalam survei Expat Insider 2022 versi Internations, Indonesia bahkan masuk dalam daftar negara paling ramah di dunia.

Keberadaan budaya senyum dan sapa yang melekat dalam masyarakat Indonesia turut berkontribusi pada citra positif ini.

Kemudian, Indonesia juga dikenal karena memiliki beragam spot selam berkelas internasional. Destinasi seperti Pulau Misool di Raja Ampat memiliki keindahan bawah laut yang diakui sebagai surga diving, dengan sepertiga dari karang dunia.

Ada juga Taman Laut Bunaken, Wakatobi, dan Kepulauan Derawan juga menjadi destinasi selam yang dicari oleh wisatawan mancanegara.

Selain itu, Indonesia merupakan spot selancar dunia dengan banyak tempat surfing menantang. Pantai Plengkung atau G-land di Banyuwangi, dengan ombak mencapai 6-8 meter, sering menjadi tuan rumah kejuaraan surfing internasional.

Tempat-tempat seperti Pantai Suluban Bali, Pantai Sorake Nias, Pantai Tanjung Setia Lampung, dan Pulau Nihiwatu di Sumba Barat juga menarik para peselancar.

Selain terkenal sebagai tempat diving dan surfing, di Indonesia juga bertebaran tempat-tempat healing. Salah satunya adalah di kawasan Ubud, Bali.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version