KORANAMANDALA.COM – Gong Perdamaian di Pusat Budaya Situs Karangkamulyan Ciamis, Jawa Barat memasuki usianya Ke 14 bersamaan dengan tahun politik dan pesta Demokrasi yang akan digelar 14 Pebruari 2024 mendatang.

Mudah-mudahan melalui perayaan milad Ke 14 yang digelar belum lama ini (10 September 2023) akan berdampak positif dalam pelaksanaan Pemilu yang jujur, adil dan membawa perdamaian bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Keberadaan Gong Perdamaian di Situs Karangkamulyan, sejak diresmikan 14 tahun lalu, hingga kini menjadi perhatian publik. Setiap akhir pekan banyak pengunjung maupun para pelancong yang singgah ke Situs Karangkamulyan.

Wisatawan yang datang ke Situs tersebut, tidak sekedar melihat benda-benda dan koleksi peninggalan bersejarah maupun melihat kelestarian alam yang masih terawat.

Pengunjung pun sambil rehat di sekitar Situs bisa menikmati jajanan kuliner khas Karangkamulyan di seputar Situs seperti, pepes ikan mujair Nila, pepes ikan mas, pepes jamur, lauk pauk, sambal dadak, lalab, sayur asem, sayur lodeh, tahu-tempe, semur jengkol dan makanan khas Sunda lainnya dengan harga relatif murah dan terjangkau.

Bupati Ciamis Hediat Sunarya mengatakan, sangat bersyukur semua pihak bisa bersama sama ‘guyub sauyunan’ dengan penuh semangat perdamaian. Terlebih menjelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 14 Pebruari 2024 mendatang.

Situasi keamanan dan ketertiban warga masyarakat harus kondusif dan terkendali.

Dengan keberadaan Gong Perdamaian di Situs Karangkamulyan, warga masyarakat tatar Galuh harus bangga mempunyai budaya seni titinggal karuhun yang luar biasa. Hal ini membuktikan bahwa para leluhur sejak ratusan tahun silam, sudah memiliki nilai budaya yang tinggi.

Sementara itu, Ani Widiani Kabid Destinasi wisata Pemerintah Provinsi Jabar terkait keberadaan Pusat Budaya Karang Kamulyan Ciamis, sangat mengapresiasi perkembangan Pariwisata dan Ekonomi kreatif khususnya di Priangan Timur.

Kemajuan yang dicapai bukan sekedar meningkatnya trend minat wisatawan, tetapi dari sisi seni budaya, kuliner, event dan menikmati keindahan alam menjadi trend tersendiri bagi wisatawan.

1 2
Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version