KORANMANDALA.COM – Berikut ini disajikan resep tiramisu dengan rasa khas Italia yang bisa dibuat dengan mudah di rumah.

Sekedar diketahui, tiramisu adalah kue khas Italia klasik yang rasanya memanjakan lidah.

Kue yang berasal dari kawasan Veneto dan Friuli-Venezia Giulia di timur laut Italia tersebut, memiliki kombinasi rasa dan tekstur yang nikmat.

Tiramisu yang asli, nikmat dan lezat memang ada di Italia.

Namun demikian, kita bisa membuat tiramisu dengan rasa dan khas Italia tersebut di rumah dengan mudah.

Nah jika berniat membuatnya, inilah resep dan cara membuatnya.

Bahan-bahan

Untuk krim : 500 g keju mascarpone, 4 butir telur (kuningnya dipisahkan dari putihnya), 100 g gula putih, 1 sendok teh ekstrak vanila.

Untuk perakitan: 200 g ladyfingers, 300 ml kopi espresso kental dingin, dan  2 sendok makan bubuk kakao tanpa pemanis untuk hiasan.

Cara mengolah

– Dalam mangkuk besar, kocok kuning telur dengan gula hingga berbusa dan warnanya cerah.

-Tambahkan keju dan ekstrak vanila ke dalam kuning telur yang sudah dikocok. Campur sampai Anda mendapatkan campuran yang halus dan lembut. Di wadah bersih lainnya, kocok putih telur hingga soft peak.

-Masukkan putih telur yang sudah dikocok ke dalam adonan hingga tercampur sempurna. Krimnya harus ringan dan halus.

-Campurkan espresso dengan minuman kopi di piring dangkal. Langkah selanjutnya, segera celupkan setiap bolu ke dalam kopi , pastikan terendam dengan baik tetapi tidak terlalu basah.

-Letakkan selapis ladyfinger yang sudah direndam di dasar loyang persegi panjang atau piring saji besar. Tutupi kue bolu dengan lapisan krim mascarpone yang banyak, sebarkan secara merata di atas lapisan kue bolu.

-Ulangi prosesnya, letakkan satu lapis kue bolu yang sudah direndam di atas krim mascarpone dan tutupi dengan lapisan krim mascarpone lainnya . Lanjutkan bergantian lapisan kue bolu dan krim mascarpone hingga semua bahan habis, pastikan untuk menyelesaikannya dengan lapisan krim mascarpone di atasnya.

-Tutupi tiramisu dengan bungkus plastik dan dinginkan selama minimal 4 jam, atau idealnya semalaman, agar rasa bisa menyatu dan makanan penutup bisa mengeras.

-Sajikan, sebelumnta taburi permukaan tiramisu dengan bubuk kakao . Dengan menggunakan saringan halus, taburkan coklat bubuk secara merata di atas lapisan krim mascarpone .

-Potong tiramisu menjadi bagian persegi atau persegi panjang dan sajikan dingin.

Selesai dan selamat mencoba. (ape)***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version