KORANMANDALA.COM – Tulang ikan asin  jambal roti, adalah  masakan Nusantara yang nikmat dan mudah dipasak. Karena mudah maka banyak yang menggemari masakan yang satu ini.

Bahan bakunya pun mudah didapat dengan harga yang tidak merusak kantong.

Bagi penggemar masakan pedas makanan ini sangat cocok untuk berbuka puasa.

Bisa digunakan sebagai pelengkap biasanya ditambah dengan menu tambahan tumis kangkung, goreng tahu atau goreng tempe.

Untuk bahan bahan bisa dibeli di pasar tradisional. Untuk topingnya ada daun kemangi, pete atau pete cina. Tetapi ada juga yang ditambah dengan potongan tahu goreng kecil kecil.

Bahan pokonya cuma tulang ikan asin saja.

Adapun bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat tumis tulang ikan asin jambal roti ini diantaranya :

-Tulang ikan asin jambal roti

– cabe bendot + cabe rawit Inul

–  tomat merah / tomat ijo

–  daun bawang

–  daun jeruk / kemangi

–  bawang merah

–  bawang putih

–  gula merah

–  garam

–  penyedap rasa

–  air.

Cara membuatnya sangat mudah sekali. Semua serba di goreng. Terlebih dahulu tulang ikan asin jambal roti digoreng , setelah matang baru menyusul bahan lain digoreng juga:

Bawang merah, bawang putih cabe bendot, cabe rawit, daun jeruk, sesudah harum baru masukan tulang ikan asin jambal tadi sambil di aduk lalu tambahkan air dan gula merah. Kira kira menuju matang, daun bawang baru dimasukan berikut garam dan penyedap.

Biasanya masakan tulang ikan asin jambal ini bisa ditemui di rumah makan Sunda.

Biasanya  penjual ikan asin di pasar, menyediakan tulamg ikan ini namun sudah ada yang pesan, karena sangat susah untuk mendapatkan tulang ikan asin ini.

Di pasaran  harga daging ikan asin lumayan mahal jadi pembelinya pun tidak begitu banyak.

Ada banyak jenis ikan asin jambal roti. Bagi penikmat ikan asin jambal roti sudah pasti dapat membedakan yang mana ikan asin yang super enak dan yang mana ikan asin jambal yg biasa. Kalau mengingkan ikan asin yang super yaitu ikan asin jambal roti Surabaya.

Cara memasaknya sangat mudah sekali. Tulang ikan jambal dan ikan asin jambal di potong potong, lalu di cuci, setelah di cuci ditiriskan, jika sudah tiris langsung di goreng.

Untuk bumbu yang lain seperti bawang merah, bawang putih, kemangi, cabe bendot, cabe rawit Inul, daun jeruk, daun bawang semua diiris lalu panaskan minyak jika sudah panas maka masukan yang diiris tadi goreng sampai harum. Jika bumbu sudah matang sudah harum lalu masukan tulang ikan asin jambal roti.  Tambah air setelah mendidih tambahkan gula, garam, penyedap.   Secukupnya. Sangat cocok di sajikan dalam keadaan panas.- ***

Sumber:

Editor: Eka Purwanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version