KORANMANDALA.COM, (JAKARTA) – Bila Anda melancong ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), jangan lupa singgah ke Monumen Persahabatan Negara- negara Non Blok ke kawasan TMII di Cipayung Jakarta Timur.

Monumen yang satu ini designnya berbentuk bola dunia disangga dengan air mancur dan lima ekor burung merpati di tengahnya, melambangkan kebersamaan perdamaian dan semangat Negara-negara Non Blok melaksanakan prinsip-prindip dasar visi dan misi gerakan.

Di lingkungan monumen ini ditanam 108 pohon persahabatan dari berbagai jenis pohon dari Negara asal penanamannya.

Menurut keterangan pengelola TMII, monumen itu diresmikan oleh Presiden RI Soeharto 1 September 1992 silam.

Dibangunnya monumen bola dunia tersebut yakni, untuk mengenang semangat yang terkandung dalam Konferensi Tingkat Tinggi X Gerakan Non Blok.

“Monumen berbentuk bola dunia yang disangga air mancur dan 5 ekor burung merpati di tengahnya, melambangkan kebersamaan, perdamaian dan semangat Negara-negara non-blok melaksanakan prinsip-prinsip dasar visi dan misi gerakan”.

Keinginan untuk memelihara perdamaian dunia dilambangkan dengan taman yang menyerupai mata, mengacu pada semangat kehidupan, karena mata dianggap sebagai refleksi cita-cita dan pandangan gerakan non-blok melihat jauh ke depan.

Taman Monumen Persahabatan Negara Non Blok memiliki ruang tebuka dan plaza sebagai pusat kegiatan dan keramaian.

Berbagai kegiatan mulai dari festival, pameran hingga pertunjukan musik pernah tampil dan digelar disini.

Beberapa event  yang pernah digelar disini diantaranya, festival film Asia Pasifik, pameran flora dan fauna, serta pergelaran drum band pelajar. Taman ini pun cocok untuk kegiatan outing, seperti camping ground ataupun outbound bagi anak-anak sekolah.

Pengunjung yang akan melancong ke Monumen Persahabatan Negara Non Blok di TMII, kata pihak pengelola tidak dipungut tiket atau retribusi.

Disarankan kepada pengunjung yang ingin melihat dari dekat keberadaan monumen tersebut, datang saja ke TMII di kawasan Cipayung Jakarta Timur saat Jam oprasional pukul 09.00 – 16.00 WIB. (wawan)***

Sumber:

Editor: Tim Mandala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version