KORANMANDALA.COM, BOGOR – Muhammad Affan, Chef Konsultan dari Ardhita Restaurant and Lounge sekaligus Ketua Indonesian Chef Association (ICA) BPC Bogor, menggebrak dunia kuliner dengan memperkenalkan terobosan baru Soto Ayam Betawi tanpa santan, namun dengan menggunakan creamer turunan dari sawit.

Dalam sebuah wawancara eksklusif, Affan menjelaskan soal produk creamer tersebut.

“Alhamdulillah, produk creamer ini bagus. Jadi nggak perlu pakai macam-macam lagi, gurih dapat enak rasanya, dan harganya pun terjangkau,” ucapnya pada Kamis, 28 Maret 2024.

Affan menekankan bahwa produk creamer tersebut sangat cocok untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) karena dapat dijadikan alternatif yang lebih ekonomis dan praktis.

“Ya hanya kalau santan itu dipur dari santan, kalau ini creamer kan dari ampas ini ya CPO-nya ya seperti itu,” tambahnya.

Dalam kreasi Soto Ayam Betawi-nya, Affan tidak hanya menggunakan creamer, tapi juga memadukannya dengan beragam bahan berkualitas seperti kentang potong dadu yang digoreng, wortel direbus, potongan daun, tomat, daun bawang, bawang goreng, dan sambal untuk memberikan cita rasa yang khas.

Tak hanya itu, Affan juga menciptakan ayam goreng saus margarin dengan menggunakan margarin turunan dari sawit.

“Penggunaan margarin ini untuk aroma dan untuk rasa ini udah ada rasa asin ada gurihnya seperti itu,” ungkapnya.

Dengan antusias menyambut rencananya untuk mengembangkan menu lain, Affan berencana untuk menciptakan variasi lain seperti Ayam Suwir Bali menggunakan creamer dan aroma kencur.

“Nanti saya akan buat pisang menggunakan creamer ini biar lebih gurih,” tutup Affan, sembari merencanakan inovasi selanjutnya dalam dunia kuliner. (Nicko) ***

Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version