KORANMANDALA.COM – Pantai Batu Hiu di Pangandaran, Jawa Barat, bukan hanya destinasi wisata yang menyuguhkan view indah bernuansa pemandanangan alam laut dan tebing cadas berelief.

Pantai yang mendapat julukan Tanah Lot-nya Jawa Barat tersebut,  ternyata menyimpan tempat wisata edukasi yang bermanfaat untuk anak sekolah dan mahasiswa.

Penangkaran atau konservasi penyu, demikianlah wisata edukasi tersebut.

Sayangnya, sepertinya penangkaran penyu di kawasan Pantai Batu Hiu tersebut, belum banyak diketahui publik.

Buktinya, selama ini, berdasarkan catatan, wisatawan yang ke Pangandaran dan kawasan Pantai Batu Hiu, belum banyak yang sengaja menyempatkan diri datang ke lokasi.

Mereka yang berlibur ke Pangandaran, hanya sedikit yang sengaja melipir sejenak untuk singgah ke lokasi untuk melihat bahkan bercengkrama dengan biota laut yang menggemaskan tersebut.

Akan tetapi, memang masuk di akal.

Salahsatu penyebabnya, karena lokasi penangkaran tersebut cukup jauh dari Pangandaran!

Menurut catatan, lokasi penangkaran yang dikelola oleh Kelompok Pelestari Biota Laut (KPBL) yang berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran itu cukup jauh dari Pangandaran/

Berdasarkan keterangan, jarak dari Tugu Marlin Pangandaran ke lokasi, sekira 17 km, dan memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit.

1 2
Sumber:

Editor: Aam Permana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Exit mobile version